Pesona Pantai Selatan

Sepertinya memang tidak akan ada habisnya jika membicarakan pantai-pantai di selatan Pulau Jawa khususnya yang berada di Kabupaten Malang. Setelah sebelumnya di blog saya terdahulu saya mengulas tuntas tentang keindahan Pantai Bajulmati dan Pantai Sendang Biru kali ini saya akan mengulas sebuah pantai yang masih berada di Pantai Selatan Kabupaten Malang yang saya kunjungi beberapa hari setelah Hari Raya Idul Fitri atau tepatnya 25 Agustus 2012 lalu. Pantai ini masih satu garis pantai dengan Pantai Bajulmati dan berada tepat di pinggir Jalur Lintas Selatan Pulau Jawa. Saya belum tahu nama resmi dari pantai ini apa, tapi dari selentingan yang saya dengar nama pantai ini adalah Pantai Karangbolong. Entah benar atau tidak sementara kita beri nama itu saja.
Pantai ini berada di sebelah timur Pantai Bajulmati yang sudah terkenal duluan. Tapi ada yang istimewa dari pantai ini dan tidak dimiliki pantai-pantai lain di sekitarnya. Ya, sebuah muara sungai. Di ulasan saya di blog terdahulu, saya memposting foto sebuah jembatan yang menghubungkan Jalur Lintas Selatan yang melintas di atas sebuah sungai. Nah sungai itulah yang bermuara di pantai ini. Muara sungai ini membentuk sebuah delta yang dangkal dan kita bisa bermain air sepuasnya di situ tanpa takut terseret arus atau gelombang ganas pantai selatan. Namun jangan khawatir sensasi berenang di pantai akan tetap terjaga karena sesekali ombak besar pantai selatan menerobos masuk hingga ke muara meskipun tidak besar. Disiang hari air di delta ini masih dangkal bahkan ada beberapa bagian yang tidak tergenang dan kita bisa bermain pasir sepuasnya disitu. Beranjak sore air laut mulai meninggi dan lama kelamaan delta tersebut seluruhnya tertutup air tapi kita masih bisa bermain air di sini karena meskipun seluruhnya tertutup air permukaannya masih dangkal kecuali di beberapa bagian. Inilah yang menurut saya kelebihan dari pantai ini. Mungkin sudah jamak dalam benak masyarakat Indonesia khususnya Masyrakat Pulau Jawa kalau ombak pantai selatan Pulau Jawa terkenal sangat ganas. Di beberapa pantai sering ditemui orang hanyut terseret ombak dan hilang sehingga menimbulkan ketakutan untuk bermain air laut di pantai selatan. Tapi di pantai ini, kamu gak perlu takut karena pantainya tergolong aman, yaa meskipun bukan pantai yang langsung berhadapan dengan Samudera Indonesia sih :p. Tapi kalau memang benar-benar punya nyali dan punya skill berenang mumpuni kamu bisa kok menjajal ganasnya ombak khas pantai selatan di pantai ini tapi sangat tidak direkomendasikan.
Berikut saya punya beberapa foto pantai tersebut meskipun kualitas fotonya tidak bisa dibilang baik namun cukuplah untuk mengundang rasa penasaran kamu untuk berkunjung ke sana. Check this out!

pantai di sisi timur
dan ini muara sungainya
Jembatan Bajulmati di kejauhan
pantai di sisi barat
dan ini ombak ganasnya, dengan membandingkan dengan tinggi orang tersebut kamu mungkin bisa mengira-ngira tinggi ombak tersebut
pemandangan khas Pantai Selatan Pulau Jawa
Share on :

Now, it's your turn !

Important : If you are looking for further clarification, advice or support, please address by email.